#RABUCANTIK : BOLEHKAH MENGGUNAKAN CLAY MASK / CHARCOAL MASK SETIAP HARI?

Helo, balik lagi di #RabuCantik. Maaf banget aku lama banget updatenya. Aku lagi ngga mood ngapa-ngapain. Hiks. Padahal kangen banget sama blog. Aku kepengen banget yang baca blog aku mendapat manfaat baik dan semakin bertambah ilmunya walaupun tulisanku terkadang kurang berbobot.


Sudahlah basa-basinya euy…


Kali ini aku mau ngebahas sedikit mengenai pendapat aku dalam menggunakan clay mask atau charcoal mask setiap hari. Aku bukannya mau sotoy. Cuma mau mengeluarkan pendapatku aja. Also, perlu diingat skincare kan sifatnya individual banget ya. Efek dan dampak disetiap orang bisa berbeda-beda. Jadi ngga usah bacot wkwkw.
Beberapa saat terakhir, dari yang aku perhatikan ada beberapa orang yang terinfluince buat menggunakan mask setiap hari. Dan parahnya mereka terpengaruh buat menggunakan clay mask or charcoal mask setiap hari. Katanya sih bagus bikin muka lebih bersih, minyak berkurang dan bla-bla. 


Hhhmmm…..
Dari awal denger ini aku tuh speechless loh nyebayangin muka aku setiap hari pakai clay mask.


“Apakah aku sempat terinfluince?”
“Yes, aku pernah dong.”“Aku kan darurat kepengen flawless.”
..

Aku mencoba pakai clay mask dipagi hari yang katanya bagus itu. 


Hasilnya? …..


Kesettttt cyiin. Ngga enak. Mungkin karena aku lebih suka wajah yang terhidrasi dan moist maksimal. Pakai clay mask tiap hari bikin aku semakin kerja keras lagi buat menghidrasi kulitku. Apalagi kalau lagi cuaca dingin yang mana muka aku bakal kering. Uuhh zebel aku tuh. Harus nimpuk banyak produk buat balikin kelembapan kulit. Soalnya kalau kulitku sampai kering atau dehidrasi yang ada malah memicu minyak untuk hadir lebih banyak.
Pernah juga aku coba pakai clay mask dibarengi dengan menggunakan sheet mask setelahnya sewaktu kulitku lagi berminyak banget. Dibarengi sheet mask biar seimbang gitu ceritanya. Kan habis pakai clay mask kulit keset terus ceritanya balikin moistnya pakai sheet mask.
“Hasilnya?””NGGAK ADA HASILNYA”
Tetap aja muka aku berminyak dan berjerawat parah. Ngga ngefek sama minyak diwajah.
Yang ada  muka jadi over-exfoliate. Haiisshhh makin berminyak dan kacau.

“So, pakai clay mask tiap hari gimana pendapat lo?”

“BIG NO!. Tetap ikuti aturan yang disarankan. Pakai mask 2-3 kali seminggu.”
….

Nah kawan-kawan fungsi clay mask dan charcoal mask itu pada dasarnya mengangkat sel kulit mati dan minyak kan?. Correct me if i’m wrong, okay?.


Kalau kita pakai setiap hari maka bisa menggerus minyak alami dikulit. Kita masih perlu minyak diwajah gaes. Minyak diwajah itu disayangi. Jangan dibenci. Selama minyak tersebut masih dalam jumlah yang normal it’s okay. Masih wajar kok. 


Kebayang ngga setiap hari minyak diwajah diangkat?. Muka kita bakal kering dan keset.

..
“Harusnya seneng dong! Bebas minyak kan jadinya”

“……”
..

Nope, kamu salah. Salah satu dampak buruk kekurangan minyak alami wajah adalah muka kamu bakal kering. Wajah kamu akan cepet keriput. Mau kamu cepat tua wajahnya?.


Nanti muncul headline di Lentuday “Akibat Menggunakan Clay Mask Setiap Hari,Seorang Mahasiswi Dikira Sudah Punya Cucu Dua”

wkwkkw 
Becanda sih. Tapi ngga mau kan mukanya cepet tua.


Selain itu, menggunakan clay mask atau charcoal mask bisa over-exfoliate. Over-exfoliate bisa bikin skincare barrier kamu rusak. Ketika skin-barrier kamu rusak maka kulit kamu akan lebih mudah sensitif, kemerahan, iritasi, susah nyerap produk dan banyak hal lain yang bisa terjadi.


Emang bener awal-awalnya pakai clay mask tiap hari itu rasanya spektakuler banget. Muka cling-cling bebas minyak. Percayalah exfoliate berlebihan bisa ngasih kamu dampak buruk dikemudian hari. Lebih baik menggunakan skincare yang progressnya sedikit lebih lambat tapi tanpa resiko dan manfaat jangka panjang.
Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Ada saatnya kita sabar dan harus berproses sambil belajar.
Saran aku kalau ada tips skincare macam-macam berpikirlah lebih jauh. Meski tips dari influincer, idola atau brand besar sebaiknya pikirkan matang-matang. Dengarkan dan perhatikan kulitmu butuhnya apa, bukannya mengikuti “nafsu” kamu.


Kalau kalian merasa kulit kalian memang bagus menggunakan clay mask setiap hari.

It’s okay. Itu uang kalian dan kulit kalian. Aku rasa kalian sendiri yang paling tahu harus bagaimana dengan konsekuensi ditanggung masing-masing. Kalau aku sih NO, karena aku ngerasa sesuatu yang berlebihan kurang cocok dengan kulitku.